30.7.11

Kemana kaki ini kan melangkah?

Tahun ini, akan menjadi tahun terakhir gue, dan temen-temen seangkatan. Gycentium Credas Disorator. Memikirkan kemungkinan kelanjutan studi tahun depan, gue agak was was. Takut salah pilih, takut apa yang gue pilih ternyata bukan bidang gue. Selama ini kalo ditanya "emang maunya kuliah dimana?", gue dengan PD bilang "Psikologi UI". Dan orang-orang agak menyangsikan gitu. "Lo kan IPA?". lah terus?  emang nggak bisa ya? Pantaskah gue jadi psikolog? atau muka gue emang muka teknik?

Kemarin kak Garda sama kak Mirza dateng ke IC, sebagai anak NTU dan alumni IC (lah?). yaa, mereka bagi-bagi cerita dan pengalaman di NTU, bla bla bla. Gue juga udah pernah workshop ke NTU, dan ngeliat lab mereka, ritme hidup mereka, kehidupan mahasiswanya (walau sedikit), dan emang menantang. Jadi, kuliah keluar negeri itu emang ga ada salahnya kan? bagus malah. nambah pengalaman, gimana hidup di negeri orang yang status kita sebagai minoritas karena kita muslim, berjilbab, sholat lima waktu, puasa. Pasti nggak enak. Terus persaingan ketat di kampus, apalagi yang sekelas NTU, yang kata kak Mirza semuanya "kiasu" -gila belajar-. Terus kak Garda yang tahun ini nggak dapet hall, nggak tau deh dimana dia bakal tinggal. Saingan kita anak-anak jenius dari berbagai negara. Kacau.
Tapi justru disitu tantangannya. Bisa nggak sih kita bersaing sama mereka-mereka, orang-orang dari Singapur nya sendiri, yang mayoritas Chinese gitu. Kita yang muslim, yang Indonesia, yang lebih sering malesnya.

Bener kata Anisah, ini bukan tentang prestise, tapi untuk menentang diri lo sendiri. Bisa ga sih lo bertahan ketika lo memutuskan buat keluar dari zona nyaman?

Jadi apa pilihan gue? sampe sekarang gue masih kekeuh psikologi, tapi ga menutup kemungkinan gue mau coba daftar NTU juga. Dan coba cari-cari di tempat lain juga. HUAAH~
Ya Allah, jika aku memang harus ambil teknik, semoga yang ga banyak fisikanya (ga mungkin ya? haha).

No comments: